Selasa, 10 April 2012

0 THE DIFFERENTIATION : Stadion kebanggaan Indonesia "GELORA BUNG KARNO" Vs "STADION BUKIT JALIL" Malaysia


 
Final Piala AFF Suzuki Cup 2010 antara Indonesia Vs Malaysia akan diselenggarakan di dua Stadion yang cukup besar. Leg pertama akan diadakan di stadion Bukit Jalil Malaysia dan Leg ke-2 diadakan di Gelora Bung Karno senayan Jakarta. Lalu Taukah anda tentang dua stadion besar ini.Mulai dari sejarahnya dan seluk beluk lainnya. Kita kupas habis disini.

Yang pertama adalah stadion kebanggan kita tentunya Stadion Utama Gelora Bung Karno. Stadion ini adalah sebuah stadion serbaguna di daerah senayan Jakarta, Indonesia yang merupakan bagian dari kompleks olahraga Gelanggang Olahraga Bung Karno. Stadion ini umumnya digunakan sebagai arena pertandingan sepak bola tingkat internasional. Stadion ini dinamai Bung Karno untuk menghormati Ir.Soekarno, sebagai Presiden pertama Indonesia, yang juga merupakan tokoh yang mencetuskan gagasan pembangunan kompleks olahraga ini. Dalam rangka de-Soekarnoisasi, pada masa Orde Baru, nama stadion ini diubah menjadi Stadion Utama Senayan. Setelah bergulirnya gelombang reformasi pada 1998, nama Stadion ini dikembalikan kepada namanya semula melalui Surat Keputusan Presiden No. 7/2001.

Dengan kapasitas sekitar 100.000 orang, stadion yang mulai dibangun pada pertengahan tahun 1958 dan penyelesaian fase pertamanya pada kuartal ketiga 1962 ini merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Menjelang Piala Asia 2007, dilakukan renovasi pada stadion yang mengurangi kapasitas stadion menjadi 88.083 penonton.

Pembangunannya didanai dengan kredit lunak dari Uni Soviet sebesar 12,5 juta dollar AS yang kepastiannya diperoleh pada 23 Desember 1958. Dan tentunya dengan dana yang cukup besar tersebut itu menjadikan galanggang olahraga ini sebagai stadion sepakbola terbesar di Indonesia.Hingga saat ini, Gelora Bung Karno merupakan satu-satunya stadion yang benar-benar berstandar internasional di Indonesia.

Selanjutnya, Stadion kebanggaan masyarakat Malaysia, Stadion Nasional Bukit Jalil. Stadion Nasional Bukit Jalil, dalam bahasa melayu yaitu Stadium Nasional Bukit Jalil. Stadion ini terletak di dalam Kompleks Olahraga Nasional Bukit Jalil, di sebelah selatan ibukota Malaysia, Kuala Lumpur. Stadion ini adalah stadion multifungsi yang mampu menampung hingga 110.000 orang. Pemerintah Malaysia membangun stadion ini pada tahun 1998 untuk melengkapi penyelenggaraan Commonwealth Games 1998 dengan kontraktor United Engineers Malaysia Bhd. dan selesai dibangun 3 bulan sebelum batas akhir. Stadion ini kemudian menjadi pusat dan bangunan olahraga paling terkemuka di Malaysia yang menempati lahan seluas 1,2 km².

Stadion terbaik di Malaysia ini merupakan stadion markas Malaysia Awalnya, stadion ini dibangun dengan tujuan untuk menyelenggarakan Commonwealth Games, tetapi sekarang stadion ini telah berkali-kali digunakan untuk berbagai macam kegiatan, seperti untuk menyelenggarakan beberapa pertandingan dalam Piala Asia AFC 2007 yang lalu.

            Nah, Itulah segala sesuatu tentang dua stadion besar milik dua Negara yang akan berlaga di Final Piala AFF Suzuki cup 2010. Sama-sama besar dan Sama-sama berstandar Internasional bukan??.

0 komentar:

Posting Komentar